February 28, 2012

5 Inspirasi Menulis Buku

Siapapun bisa jadi penulis. Bener lho. Berbagai ilmu, pengalaman, dan imajinasi bisa ditulis dan bermanfaat buat orang lain, untung juga kalau bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan tambahan. Mau tau gimana cara mencari ilham untuk menulis, ini beberapa di antaranya:

1. Perhatikan lingkungan terdekat kita
Lingkungan terdekat kita paling banyak memberikan inspirasi dalam menulis. Bisa berupa keluarga, pasangan, orang tua, anak, atau dari kegiatan yang sering kita lakukan misalkan suatu perkumpulan dimana kita aktif di dalamnya. Dari lingkungan sekitar kita banyak hal yang bisa digali atau menjadi sumber inspirasi.

2. Menulis di bidang yang kita geluti atau minati, yang bisa bermanfaat untuk orang lain
Banyak sekali penulis yang memanfaatkan ilmu yang digelutinya untuk berbagi wawasan sekaligus mengembangkan bakat dan minatnya di dunia tulis menulis.

3. Perhatikan kisah hidup orang lain dengan banyak mendengar, membaca, dan bersosialisasi
Kisah hidup orang lain, yang mungkin kita kenal atau tidak, bisa menjadi sumber inspirasi dalam menulis. Banyak sekali cerita-cerita menarik yang bisa diangkat menjadi tema sebuah buku yang berasal dari kisah nyata seseorang, atau bisa dikembangkan ke cerita lainnya.

4. Menulis pengalaman hidup diri sendiri
Pengalaman hidup kita pun bisa dijadikan cerita, bila memang kita merasa ada sesuatu yang menarik untuk disampaikan dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

5. Hasil karya penelitian di bangku kuliah
Skripsi atau tesis yang pernah kita buat dengan penuh perjuangan, bisa bermanfaat untuk orang lain. Jangan hanya disimpan di rak, karya penelitian yang ditulis ulang dengan menarik bisa diminati juga oleh pembaca.

Ada banyak inspirasi lainnya yang bisa digali lebih dalam. Tapi yang terpenting adalah kemauan untuk memulai menulis dengan menggali hal-hal yang menjadi minat kita untuk dituliskan dan dibagi dengan pembaca. Siapa tahu berawal dari menulis iseng-iseng buku Anda bisa menjadi best seller. Yuk mulai menulis.. :)

No comments:

Post a Comment